Minggu, 27 Desember 2020

"Guru TK Inspiratif" di HGN 25 November 2020


 Rabu pagi 25 November 2020 baru membuka HP saya yang lowbat  karena sampai tak tampak gambarnya semalam. Charger masih tertancap di HP. Deretan warna hijau entah berapa chat yang masuk mulai saya buka satu persatu. 

Undangan menghadiri upacara HGN dan HUT PGRI ke-75 di SDN Purwosari 3 yang ternyata sudah sejak tadi malam dan masuk di tiga nomor. "Mohon nanti WAJIB hadir dalam Upacara HGN di SDN Purwosari 3," begitulah bunyinya. MasyaAllah, terus bagaimana acara yang telah terncana? Lalu mecoba berargumen, namun malahan  dikirimi lagi Surat Edaran yang merupakan tindaklanjut dari SE Disdik kabupaten Bojonegoro. Yaa, begitulah sangat sering saya dihadapkan pada suatu pilihan dalam hal apapun. 

Ya sudahlah dengan berbagai pertimbangan akhirnya mengutamakan yang upacara. Cukup hikmat upacara yang beru pertama kali diadakan oleh Korwil Pendidikan Kecamatan Purwosari Bojonegoro ini. Menurut info, persiapannya pun mendadak sehingga group koornya juga spontanitas. 

Alhamdulillah, di akhir rangkaian upacara telah disebutkan dalam sederetan penerima penghargaan di tingkat kecamatan. Sebagai Guru TK Inspiratif, begitulah nama saya disebutkan. Apakah saya telah layak disebut demikian? Telah menginspirasi orang lainkah saya? Terlepas layak atau tidak, yang jelas harus bersyukur dan sangat bersyukur. Tentunya sudah dipertimbangkan dari berbagai hal dan dengan berbagai pihak atau pejabat terkait.

Okey, marilah kita lihat apa sebenarnya arti dari kata INSPIRASI. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) artinya adalah sebuah ilham. Maksudnya adalah ilham yang datang pada pikiran manusia dan akhirnya melekat pada jiwa atau hati manusia, akan tetapi inspirasi biasanya justru datang ketika ada rangsangan dari luar diri manusia. 

Sedangkan pengertian secara umum (mbah google.com, hehe..) adalah suatu proses yang mendorong manusia atau merangsang pikiran manusia untuk melakukan suatu tindakan, terutama untuk melakukan tindakan yang berhubungan dengan sesuatu yang kreatif. Inspirasi biasanya dirangsang untuk melakukan tidakan setelah kita melihat, mendengar atau merasakan sesuatu yang ada di sekitar kita. Terutama sesuatu yang menyentuh, sehingga memunculkan sebuah inspirasi dalam pikiran kita. 

Inspirasi bisa muncul dan didapatkan ketika seseorang membaca buku, melakukan aktivitas dalam kegiatan sehari-hari, menyendiri, mengamati perilaku seseorang, melihat lingkungan sekitar, melihat sebuah pemandangan dan bentang alam, menonton film, menulis, menggambar dan lain sebagainya. 

Pengertian dari google tersebut pernah saya alami ketika mengikuti tantangan 30 hari menulis di sebuah blog. Alhamdulillah semakin hari semakin merasakan kemudahan memperoleh inspirasi sebagai bahan tulisan. Nah, mengapa yang sudah mulai tertanam menulis setiap hari suatu hal yang positif untuk mengembangkan kemampuan menulis namun tidak dilanjutkan? Ya, tentunnya ingin dan ingin, akan tetapi ada banyak hal yang mungkin belum bisa memilah dan memilih mana yang menjadi skala prioritas untuk didahulukan untuk dikerjakan. Manajemen waktu pribadi juga menjadi salah satu bahan MUHASABAH di tahun 2020. 

Bismillah dengan penghargaan ini semoga bisa memacu diri untuk menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat untuk orang lain. Aamiin. 

Khoirun Naas Anfa'uhum lin Naas.

(melanjutkan tulisan dari tanggal 29/11/2020)

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Day 24 R/Kamis, 040424/Bukber at Home